EVALUASI IBADAH, APAKAH KITA SUDAH BENAR-BENAR BERIMAN?

EVALUASI IBADAH, APAKAH KITA SUDAH BENAR-BENAR BERIMAN?

Di antara ciri orang mu’min seperti yang Allah ﷻ jelaskan dalam surat Al-Mu’minun adalah merasa takut, khawatir, tidak tenang akan amal shalih mereka, diterima kah? Ditolak kah?

Sedangkan kebanyakan dari kita tidak peduli, setelah berbuka puasa seketika merasa lepas dari beban, tidak pernah berpikir apakah puasa kita hari itu diterima? Setelah salam dari shalat merasa puas, tenang, karena merasa bebas dari beban, tidak pernah terbersit dalam pikiran, apakah shalat kita itu diterima? Sehingga tidak pernah ada usaha meningkatkan kualitas ibadah kita.

Lalu, apakah kita merasa bahwa iman kita telah sempurna dan telah betul-betul menjadi orang yang beriman, sedangkan banyak ciri orang beriman yang tidak ditemukan dalam diri kita?

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ سَعِيدِ بْنِ وَهْبٍ الْهَمْدَانِيِّ أَنَّ عَائِشَةَ زَوْجَ النَّبِيِّ ﷺ قَالَتْ: سَأَلْتُ رَسُولَ الله ﷺ عَنْ هَذِهِ الْآيَةِ: {وَالَّذِينَ يُؤْتُونَ مَا آتَوْا وَقُلُوبُهُمْ وَجِلَةٌ}
قَالَتْ عَائِشَةُ: أَهُمُ الذِينَ يَشْرَبُونَ الْخَمْرَ وَيَسْرِقُونَ؟ قَالَ: “لَا يَا بِنْتَ الصِّدِّيقِ، وَلَكِنَّهُمُ الذِينَ يَصُومُونَ وَيُصَلُّونَ وَيَتَصَدَّقُونَ وَهُمْ يَخَافُونَ أَنْ لَا يُقْبَلَ مِنْهُمْ، { أُولَئِكَ يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَهُمْ لَهَا سَابِقُونَ }”.
(حديث صحيح رواه الترمذي رقم: ٣١٧٥)

Dari Abdurrahman bin Said bin Wahb Al-Hamadani bahwa Aisyah istri Nabi ﷺ berkata: “Aku bertanya kepada Rasulullah ﷺ tentang ayat ini (Allah berfirman tentang ciri orang yang beriman) ‘dan mereka yang memberikan apa yang mereka berikan (mengerjakan apa yang mereka kerjakan) dengan hati penuh rasa takut.'”
Aisyah berkata: “Apakah mereka orang yang gemar minum khamr serta mencuri?” Rasulullah ﷺ bersabda: “Bukan wahai putri Ash-Shiddiq, akan tetapi mereka itu adalah orang yang gemar berpuasa, shalat, dan bersedekah, sedangkan mereka takut amalan mereka tidak diterima, ‘Mereka itu bersegera dalam kebaikan-kebaikan, dan merekalah orang-orang yang lebih dahulu memperolehnya.'”
(HR. At-Tirmidzi no. 3175, Hadits ini shahih)

Mari kita evaluasi ibadah kita, mari tingkatkan kualitas ibadah kita, semoga semua amal shalih kita diterima oleh Allah ﷻ.

والله تعالى أعلى وأعلم.

Oleh: M. Ridwanullah

Tentang Penulis

client-photo-1
Golden Firdaus

Komentar

Tinggalkan Balasan